Search This Blog

Friday, October 24, 2008

Free of Vertigo

Ada email menarik yang saya terima dari seorang teman:

Ini sekilas tentang penyakit Vertigo. Bagi orang yang belum pernah merasakannya sebaiknya DICEGAH, jangan sampai anda masuk dalam VERTIGO CLUB.

Ini pengalaman saya sendiri, mungkin saja tidak sama dengan penderita lainnya, tapi saya hanya ingin sharing kepada beberapa teman-teman saya yang juga terkena vertigo. Hanya orang yang pernah terkena vertigo bisa merasakan betapa tersiksanya kalau penyakit itu sedang kumat. Saya seperti berada di dalam sebuah round table lalu diputar berkeliling atau terkadang terasa seperti diayun ke segala arah yang tidak jelas, diangkat tinggi dan berputar semuanya!!!!! Saat diletakkan ke bantal, kepala sangat tidak nyaman, terus ingin berputar dan saya seakan mencari pegangan kemana-mana. Apalagi melihat atau menunduk ke bawah jelas tidak mungkin. Rasanya lebih baik tidur duduk saja. Confidence level saya turun karena saya tidak tahu kapan sang vertigo akan muncul. Dia akan muncul begitu saja. Biasanya dengan obat Merislon bisa hilang tapi tidak tuntas sembuhnya. Setiap tahun sekali penyakit itu kumat. Namun serangan vertigo yang terakhir menyebabkan saya tidak bisa tidur pada posisi kanan. Setiap mau balik ke kanan maka vertigonya kumat. Saya merasakan ada sesuatu yang salah namun tidak tahu apakah itu.

Akhirnya ketika Reuni Lebaran di Bali seorang teman memberikan reference untuk berobat ke seorang Profesor di Mt Elizabeth, Singapore, dimana dokter ini seorang neurolog dan ahli penyakit Stoke, baginya penyakit vertigo enteng . Maka untuk mencari kesembuhan aku menemuinya Jumat kemarin.

Mula-mula dokter melakukan Blood Circulation Scan, di mana segera diketahui apakah ada bagian pembuluh darah yang mampet atau alirannya kurang lancar. Sesudahnya dilakukan therapy di kursi sofa oleh seorang suster sebagai berikut:

Saya tidur telentang dengan kepala sebagian nongol keluar kursi tanpa bantal dan dipegang oleh suster. Kemudian saya disuruh menoleh ke kiri, adduuuuh langsung vertigo-nya kumat, dunia berputarrrrrr, sampai tangan saya menggapai-gapai mencari pegangan. Kemudian saya disuruh relaks. Sesudah vertigo hilang, maka saya harus menoleh ke kanan, kumat lagi, walau tidak separah yang kiri. Saya relaks lagi, lalu balik badan dan kepala melihat ke lantai, lalu saya bangun perlahan-lahan dengan mata melihat ke bahu, kemudian duduk kembali.

Hanya itu therapynya, tapi manjur! Lalu saya diharuskan tidur bolak balik, kanan - kiri – kanan - kiri dst ...dst. Total waktu therapy sekitar +/- 15 menit. Sesudah saya tanya kenapa bisa vertigo ternyata sangat sederhana. Apa itu? Vertigo terjadi karena kita salah posisi tidur, mungkin tanpa kita sadari kita selalu tidur pada satu posisi, misalnya kebanyakan kiri terus dan jarang kanan/kiri, sehingga ini akan memperparah vertigo, yang mengakibatkan adanya "chrystal" istilah mereka yang lepas dari telinga kita sehingga menyebabkan keseimbangan kita terganggu. Nah therapy itu untuk mengembalikan posisi "Chrystal" itu, that'all ... So Simple ya, ternyata tidak ada hubungannya dengan kolesterol atau lain sebagainya. Saya hanya diberikan 1 jenis obat yang hanya diminum 1 kali saja pada malam sesudah therapy, itupun kalau masih merasa berputar. Pada malam hari itu saya tidur dengan nyenyak dan mengikuti nasihatnya agar tidur dengan posisi kepala di kanan-kiri-kanan-kiri, dan memakai bantal 2 buah ditumpuk agar tinggi serta harus mengubah pola tidur saya yang salah. Itu saja cara pengobatannya.

Saya adalah penggemar pijat, maka saya sempat tanya ke dokter itu apakah masih boleh pijat kepala. Disarankan sebaiknya tidak pijat kepala, karena kuatir tukang pijatnya ‘kan tidak tahu jelas pembuluh mana yang kena pencet. Saya kini stop pijat dulu deh, karena ketika kena serangan yang baru lalu itu saya pas sedang dipijat bagian kepala, mungkin saja saat itu ada yang kurang pas.

Sayangnya selama ini saya belum pernah di-advise therapy begitu oleh para dokter yang pernah saya datangi. Kalau sedang vertigo maka akan dihubungkan dengan kolesterol/lipitor, istirahat, minum obat pengencer darah, dan lain sebagainya, sedangkan minum obat Merislon itu membuat kita lemas.

Sabtu pagi saya therapy sekali lagi sebelum kembali ke Jakarta. Sekarang saya merasa fit dan tidak vertigo lagi. Moga-moga ini akan selamanya dan saya tidak minum obat apapun. Nah moga-moga sharing saya di atas dapat bermanfaat bagi para teman yang kebetulan sudah masuk dalam Vertigo Club, ataupun mungkin bisa di sharing kepada keluarga yang terkena vertigo ataupun kepada yang belum pernah terkena vertigo.

Note:
Tidurlah dengan sikap yang baik, yaitu dengan posisi kepala bolak balik kiri kanan !!! Segeralah perhatikan dan ubah pola tidur anda bilamana anda mempunyai kecenderungan tidur pada satu posisi saja! Lakukan pola tidur ini mulai sekarang walaupun anda belum pernah terkena vertigo. Ingat, pencegahan itu lebih baik .

Diposting oleh Hadi Kristadi untuk PENTAS KESAKSIAN
http://pentas-kesaksian.blogspot.com

Kesaksian Pembaca Buku "Mukjizat Kehidupan"

Pada tanggal 28 Oktober 2009 datang SMS dari seorang Ibu di NTT, bunyinya:
"Terpujilah Tuhan karena buku "Mukjizat Kehidupan", saya belajar untuk bisa mengampuni, sabar, dan punya waktu di hadirat Tuhan, dan akhirnya Rumah Tangga saya dipulihkan, suami saya sudah mau berdoa. Buku ini telah jadi berkat buat teman-teman di Pasir Panjang, Kupang, NTT. Kami belajar mengasihi, mengampuni, dan selalu punya waktu berdoa."

Hall of Fame - Daftar Pembaca Yang Diberkati Buku Mukjizat Kehidupan

  • A. Rudy Hartono Kurniawan - Juara All England 8 x dan Asian Hero
  • B. Pdt. DR. Ir. Niko Njotorahardjo
  • C. Pdt. Ir. Djohan Handojo
  • D. Jeffry S. Tjandra - Worshipper
  • E. Pdt. Petrus Agung - Semarang
  • F. Bpk. Irsan
  • G. Ir. Ciputra - Jakarta
  • H. Pdt. Dr. Danny Tumiwa SH
  • I. Erich Unarto S.E - Pendiri dan Pemimpin "Manna Sorgawi"
  • J. Beni Prananto - Pengusaha
  • K. Aryanto Agus Mulyo - Partner Kantor Akuntan
  • L. Ir. Handaka Santosa - CEO Senayan City
  • M. Pdt. Drs. Budi Sastradiputra - Jakarta
  • N. Pdm. Lim Lim - Jakarta
  • O. Lisa Honoris - Kawai Music Shool Jakarta
  • P. Ny. Rachel Sudarmanto - Jakarta
  • Q. Ps. Levi Supit - Jakarta
  • R. Pdt. Samuel Gunawan - Jakarta
  • S. F.A Djaya - Tamara Jaya - By Pass Ngurah Rai - Jimbaran - Bali
  • T. Ps. Kong - City Blessing Church - Jakarta
  • U. dr. Yoyong Kohar - Jakarta
  • V. Haryanto - Gereja Katholik - Jakarta
  • W. Fanny Irwanto - Jakarta
  • X. dr. Sylvia/Yan Cen - Jakarta
  • Y. Ir. Junna - Jakarta
  • Z. Yudi - Raffles Hill - Cibubur
  • ZA. Budi Setiawan - GBI PRJ - Jakarta
  • ZB. Christine - Intercon - Jakarta
  • ZC. Budi Setiawan - CWS Kelapa Gading - Jakarta
  • ZD. Oshin - Menara BTN - Jakarta
  • ZE. Johan Sunarto - Tanah Pasir - Jakarta
  • ZF. Waney - Jl. Kesehatan - Jakarta
  • ZG. Lukas Kacaribu - Jakarta
  • ZH. Oma Lydia Abraham - Jakarta
  • ZI. Elida Malik - Kuningan Timur - Jakarta
  • ZJ. Luci - Sunter Paradise - Jakarta
  • ZK. Irene - Arlin Indah - Jakarta Timur
  • ZL. Ny. Hendri Suswardani - Depok
  • ZM. Marthin Tertius - Bank Artha Graha - Manado
  • ZN. Titin - PT. Tripolyta - Jakarta
  • ZO. Wiwiek - Menteng - Jakarta
  • ZP. Agatha - PT. STUD - Menara Batavia - Jakarta
  • ZR. Albertus - Gunung Sahari - Jakarta
  • ZS. Febryanti - Metro Permata - Jakarta
  • ZT. Susy - Metro Permata - Jakarta
  • ZU. Justanti - USAID - Makassar
  • ZV. Welian - Tangerang
  • ZW. Dwiyono - Karawaci
  • ZX. Essa Pujowati - Jakarta
  • ZY. Nelly - Pejaten Timur - Jakarta
  • ZZ. C. Nugraheni - Gramedia - Jakarta
  • ZZA. Myke - Wisma Presisi - Jakarta
  • ZZB. Wesley - Simpang Darmo Permai - Surabaya
  • ZZC. Ray Monoarfa - Kemang - Jakarta
  • ZZD. Pdt. Sunaryo Djaya - Bethany - Jakarta
  • ZZE. Max Boham - Sidoarjo - Jatim
  • ZZF. Julia Bing - Semarang
  • ZZG. Rika - Tanjung Karang
  • ZZH. Yusak Prasetyo - Batam
  • ZZI. Evi Anggraini - Jakarta
  • ZZJ. Kodden Manik - Cilegon
  • ZZZZ. ISI NAMA ANDA PADA KOLOM KOMENTAR UNTUK DIMASUKKAN DALAM DAFTAR INI